Tutorial Digital Painting Background Anime ala Makoto Shinkai Anime 5 Cm Per second

buat agan2 yang suka nonton anime pasti tau Makoto Shinkai ane mau ngeshare tutorial yang berguna yang ane dapet dari embah google semoga berguna :


ini foto agan Makoto ini yg produksi anime mantep (5 cm persecond ama the garden of words, dll)
Yang membuat ane takjub pada setiap produksi anime Makoto Shinkai adalah detil backgroundnya

Contoh :
the garden of words



5centimeter per second
 

BERIKUT INI TUTORIALNYA GAN
Credit&special thanks to : Mclelun

Tutorial ini wajib pake tools bernama pen tablet
 
1.Langkah pertama, cari foto yang agan inginkan untuk dipainting ulang
 
2.Hal pertama yang biasanya agan lakukan adalah menghapus latar belakang (langit) dari objek latar depan. Tergantung pada karya agan, mungkin perlu untuk menutupi objek yang berbeda ke dalam LAYER yang berbeda

gunakan MASK untuk memotong objek bukan menghapus gambar secara langsung. Dengan MASK, Anda dapat memotong dengan kuas (B) dan penghapus (E)

geser sedikit ke kiri untuk memberikan lebih banyak ruang untuk latar belakang.


 

3.Setelah memisahkan lorong ke dalamnya LAYER terpisah, layer belakangnya di brush pake softround. Lapisan transparansi di Lock 
(sehingga agan tidak akan melukis pada bidang transparan) dan mulai mengecat di atas lapisan untuk memberikan nuansa yang lebih "painterly".

Agan juga dapat menggunakan "remove noise" filter, untuk menghilangkan noise dan kompresi gambar artefak dari foto.

 

4.Tambahkan layer baru dibawah layer lorong. Mulai gambar langit dengan brush softround. Anda dapat menggunakan gradient tool juga, tapi agan lebih baik gambar manual untuk memberikan nuansa lukisan.

ane sangat merekomendasikan penggunaan referensi warna untuk langkah ini (kecuali jika agan sudah menjadi pro)



Ini adalah beberapa foto yang saya ambil dengan kamera telepon saya. Seperti yang Anda lihat, warna-warna yang sudah cukup jenuh dan sempurna untuk background animasi

 

5.Melukis awan tidak mudah. Makoto Shinkai dapat menggunakan 2 atau 3 detik untuk melukis awan yang indah, sementara kita noob bisa menghabiskan 2 jam di awan dan masih terlihat seperti omong kosong. Tentu saja kita bisa menipu dengan menyisipkan foto seperti bagaimana saya lakukan terakhir kali. Tetapi jika agan benar-benar ingin meningkatkan skill, kita perlu terus melukis.



Dalam karya ini saya, ane menggunakan sikat dua standar ini dari photoshop.
Round Brush dengan "other dynamic" dan “brush tip hardness”" di bawahnya. Gunakan untuk menggambar bentuk dasar awan dan blending.
Chalk brush Gunakan untuk "menghapus" bagian dari awan.

1) Buatlah awan bentuk dasar dengan round brush.
2) Hapus bagian dari awan dengan chalk brush.
3) Kunci transparancy layer. Bawahnya sikat opacity bulat dan berbaur warna lain.
4) Gunakan round brush untuk melukis awan kecil. Bermain dengan ukuran brush size jitter dan pilihan scattering

Hanya dengan dua kuas ini,hasilnya adalah bentukan awan tidak begitu buruk. 
Kunci lukisan awan "random/Acak" dalam bentuk awan dan acak dalam penempatan awan, sehingga akan tampak alami dan tidak terlalu atau simetri.

6.Saya ingin bayangan menjadi kasus dari mana kita melihat, jadi saya tambahkan layer baru dan mulai melukis dengan cahaya biru / cyan / ungu warna dingin.




Masukan layer ini di atas lapisan lorong, dan setting layer menjadi "multiply".
 

7. 
Lukisan pohon, semak-semak yang mirip dengan lukisan awan. Perbedaan utama menggunakan berbagai jenis kuas. Gambar di atas menunjukkan beberapa BRUSH custom saya buat. Anda harus mampu membuat sikat kustom Anda sendiri dengan mudah baik dengan menggunakan foto atau manual menggambar bentuk daun. Ingatlah untuk mengubah pilihan untuk "Shape Dinamic", "Scattering" dan "jittering" juga.


1) Gambarkan bentuk dasar dengan sikat daun kustom.
2) transparansi lapisan Lock. Bawahnya sikat opacity bulat dan campurwarna lain.
3) campur dan lukis lagi.





Dengan brush custom "daun / bush" , Anda bisa melukis semua ini cukup cepat. Ingatlah untuk menggunakan lapisan layer berbeda , sehingga perubahan dapat dilakukan pada objek yang berbeda dengan mudah.

 
8.bangunan jarak jauh cukup mudah untuk dilukis. Pastikan untuk menggunakan fungsi transformasi, dan "SHIFT"





1) Tambahkan layer baru, menggambar detail bangunan (window) dalam tampilan depan. Gunakan "SHIFT" KUNCI untuk menarik / menghapus dalam garis lurus.
2) "CTRL T" untuk mengubah bentuk ke dalam perspektif yang Anda inginkan.
3) Gandakan layer bentuk dan menggabungkan mereka ke lapisan bangunan.

 
9.Tambahkan obyek gambar pendukung di belakangnya dapat berupa vektor atau apapun
10.kabut
Gunakan soft round brush untuk melukis kabut. Blending mode layer dapat dibiarkan sebagai default / normal, karena kami tidak ingin itu bersinar atau gelap daerah.



Refleksi specular / Ringan
Menambah lebih detail untuk karya, menarik beberapa garis specular / highlight di sepanjang daerah yang timbul . Cat lantai dengan warna yang hangat dan mengatur blending mode untuk "screen", sehingga terlihat seperti lantai yang memantulkan cahaya dari matahari.





Glow
Tambahkan layer baru, gunakan soft round edge brush untuk mengecat area yang bercahaya (sumber cahaya). Ubah blending mode ke mode adiktif seperti "Screen" atau "llinear dodge(add)”".

 

   

0 comments:

Post a Comment