Cara Mengatasi Error "Tidak Dikenal Saat Pemasangan Aplikasi -24" Pada Android

 
Cara Mengatasi Error "Tidak Dikenal Saat Pemasangan Aplikasi -24" Pada Android - Beberapa waktu lalu saat salah satu teman saya sedang mengunduh dan menginstall aplikasi dari Google Play Store, ada kejanggalan pada saat proses installasi aplikasi tersebut. Terdapat sebuah keterangan error yang bertuliskan "tidak dikenal saat pemasangan aplikasi -24" pada perangkat miliknya. Ia pun bertanya kepada teman - temannya termasuk saya untuk memperbaiki masalah ini.

Masalah ini cukup asing bagi saya, mengingat saya sendiri belum pernah mengalami hal serupa. Kemungkinannya adalah perangkat yang bersangkutan tidak kompatibel dengan aplikasi yang ingin di install, karena masalah tersebut hanya terjadi pada beberapa aplikasi saja, sedangkan untuk mengunduh aplikasi lainnya tidak ada masalah. Namun saya rasa kemungkinan ini hampir tidak mungkin mengingat perangkat teman saya tersebut sudah memiliki versi Android yang cukup mutakhir yakni versi Jelly Bean (4.2).

Kami pun melakukan beberapa percobaan pada perangkat tersebut untuk menemukan solusinya, dan syukurlah akhirnya kami dapat mengatasi masalah tersebut pada percobaan kami. Nah pada posting kali ini, saya akan membagikan langkah - langkah mudah yang bisa anda lakukan jika sekiranya anda sedang mengalami masalah yang sama pada perangkat yang anda miliki. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan, berikut diantaranya :

1. Mencentang opsi Unknown Source

Ketika saya mencari di Google tentang hal ini, beberapa blog menyarankan untuk melakukan hal sederhana yaitu dengan mencentang pilihan Unknown Source atau Sumber Tidak Dikenal (artinya memperbolehkan penginstalan aplikasi dari sumber diluar Google Play Store). Caranya adalah dengan masuk ke setting -> security, lalu centang Unknown Source. Namun ternyata cara ini tidak efektif saat dicoba pada perangkat milik teman saya itu. Akhirnya kami pun berinisiatif untuk melakukan percobaan lain, yaitu :

2. Mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik

Setelah mencoba melakukan Factory reset atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, ternyata masalah yang dialami sebelumnya berhasil diatasi. Cara melakukannya pun mudah saja, masuk ke setting -> Backup & Reset -> lalu pilih Factory data reset (langkahnya mungkin bisa sedikit berbeda pada tiap perangkat). Namun perlu diingat bahwa setelah melakukan cara ini, semua data yang terdapat pada perangkat anda akan terhapus. Maka salinlah/pindahkan/backup terlebih dahulu data - data penting yang anda simpan pada perangkat, misalnya untuk kontak.

Nah itulah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi error saat menginstall aplikasi Android. Namun jika anda mengalami kasus yang sedikit berbeda yakni tidak bisa mendownload di Play Store dengan pesan error "No Internet Connection" "Error 403" dan lainnya, maka ada baiknya anda mampir terlebih dahulu pada posting Tidak bisa download di Play Store? Ini solusinya. Semoga bermanfaat :D
 
 

0 comments:

Post a Comment